Sunday, March 3, 2013

Motif Pembelian

Motif Pembelian
      Sobat semua, sekalipun saya sudah pernah menulis tentang pembelian, namun kali ini lebih merujuk pada motif pembelian konsumen. selamat membaca ya... Motif pembelian adalah berbagai macam faktor yang dapat memberikan alasan mengapa seseorang membeli suatu produk (Swastha, 2000:74). Selain jenis produk, faktor demografi dan faktor ekonomi, faktor psikologis juga dapat mempengaruhi pembelian seseorang. Termasuk faktor psikologis ini adalah:motif, sikap, keyakinan, minat, kepribadian, angan-angan dan sebagainya. Manajemen perlu mempelajari faktor-faktor tersebut agar program pemasarannya dapat lebih berhasil. Apabila manajemen telah dapat mengetahui berbagai hal yang menyebabkan seseorang melakukan pembelian terhadap suatu produk, maka akan lebih mudah dalam menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
      Selain itu, sebuah alasan mengapa orang membeli produk tertentu (product buying motive) merupakan faktor yang sangat penting bagi penjual dalam menentukan program promosi yang efektif, design produk, harga, saluran distribusi yang efektif, dan beberapa aspek lain dari program pemasaran perusahaan. Menurut Swastha (2000:75), motif pembelian dapat dikelompokkan ke dalam beberapa tingkatan yang berbeda di mana pembeli menyadari akan motif-motif pembeliannya dan kesediaan mereka untuk memberitahukannya. Kelompok- kelompok tersebut adalah: 
  1. Kelompok pembeli yang mengetahui dan bersedia memberitahukan motif pembelian mereka terhadap produk tertentu.
  2. Kelompok pembeli yang mengetahui alasan mereka untuk membeli produk tertentu, tetapi tidak bersedia memberitahukan. Misalnya:seorang wanita yang membeli kosmetik tidak bersedia memberitahukan motif pembeliannya. Bilamana ditanya, ia akan mengemukakan alasan yang lain karena merasa malu diketahui oleh orang lain. Sebenarnya, motif pembelian kosmetik bagi wanita pada umumnya adalah untuk mempercantik diri.
  3. Kelompok pembeli yang tidak mengetahui motif pembelian sesungguhnya terhadap produk tertentu. Biasanya, motif pembelian mereka sangat sulit diketahui.

1 comment:

  1. Thnks :) Artikelnya cukup menarik

    jangan lupa kunjungan balik ya Peluang Usaha, Manajemen

    ReplyDelete