3/03/2013

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

      Seiring dengan tulisan yang pernah Kreasi Kita bagikan kepada Sobat semua tentang Perilaku Konsumen, maka kali ini kita akan berbicara tentang hal yang mempengaruhi perilaku konsumen itu sendiri.. Nah Sobat, selamat membaca ya..
Perilaku Konsumen

      Keputusan pembelian dari pembeli sangat dipengaruhi oleh faktor:
  • Faktor kebudayaan. Kebudayaan merupakan faktor penentu yang paling dasar dari keinginan dari perilaku konsumen.Sub budaya dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:
  1. kelompok nasionalisme
  2. kelompok keagamaan
  3. kelompok ras 
  4.  area geografis. 
  • Faktor sosial, terdiri dari:
  1. Kelompok referensi, kelompok referensi seseorang terdiri dari seluruh kelompok yang mempunyai pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang.
  2. Keluarga, kita dapat membedakan antara dua keluarga dalam kehidupan pembeli, yang pertama adalah keluarga orientasi, yang merupakan orang tua seseorang. Keluarga profesi yaitu pasangan hidup anak seseorang keluarga merupakan organisasi pembeli dan konsumen yang paling penting dalam suatu masyarakat dan telah diteliti secara intensif. 
  • Faktor pribadi, terdiri dari:
  1. Umur dan tahapan dalam siklus hidup. Orang mengubah barang dan jasa yang mereka beli sepanjang hidup mereka. Selera makan, pakaian, perabot, dan rekreasi sering berhubungan dengan usia. Pembelian juga berbentuk oleh tahap siklus hidup kelurga, tahap-tahap yang dilalui keluarga ketika mereka menjadi matang seiring berjalannya waktu.
  2. Pekerjaan. Pemasar berusaha mengidentifikasi kelompok pekerjaan yang mempunyai minat diatas rata-rata pada produk dan jasa mereka. Perusahaan bahkan dapat mengkhususkan diri membuat produk yang diperlukan oleh pekerjaan tertentu.
  3. Gaya hidup. Gaya hidup (lifestyle) adalah pola hidup seseorang yang diekspresikan dalam keadaan psikografisnya.
  4. Kepribadian dan konsep diri. Kepribadian setiap orang berbeda-beda mempengaruhi perilaku pembeliannya. Kepribadian (personality) mengacu pada karakteristik psikologi unik yang menyebabkan respon yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan orang itu sendiri. 
  • Faktor psikologis, terdiri dari:
  1. Motivasi
  2. Persepsi 
  3. Proses belajar 
  4. Kepercayaan dan sika
     Demikianlah post kali ni, semoga bermanfaat ya..
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...