2/27/2013

Tujuan dan Kegiatan Pemeliharaan Peralatan Proyek

         Sobat pembaca, kayaknya masih ada nih ilham untuk membagikan tulisan tentang proyek.. Hehehe.. Kreasi Kita sangat meyakini bahwa masih banyak yang harus dibenahi dalam beberapa artikel yang telah tersaji. So, masukannya ditunggu ea.. Selamat membaca..
Tujuan dan Kegiatan Pemeliharaan Peralatan Proyek
      Pemeliharaan peralatan proyek bertujuan untuk menjaga agar sistem yang ada berjalan sebagaimana mestinya dan juga untuk dapat mengendalikan biaya baik untuk pencegahan maupun perbaikan jika terjadi kerusakan. Tujuan pemeliharaan tersebut adalah:
  1. Mempertahankan kemampuan alat atau fasilitas produksi guna memenuhi kebutuhan sesuai dengan target atau rencana produksi. 
  2. Menjaga agar kualitas produk berada pada tingkat yang diharapkan guna memenuhi apa yang dibutuhkan produk itu sendiri dan menjaga agar kegiatan produksi tidak mengalami gangguan.
  3. Untuk mengurangi pemakaian dan penyimpangan diluar batas dan menjaga modal yang diinvestasikan dalam perusahaan selama jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan.
  4. Untuk mencapai tingkat biaya serendah mungkin, dengan melaksanakan kegiatan pemeliharaan secara efektif dan efesien secara keseluruhan. 
  5. Memperhatikan dan menghindari kegiatan- kegiatan operasi mesin serta peralatan yang dapat membahayakan keselamatan kerja. 
  6. Mengadakan suatu kerjasama yang erat dengan fungsi- fungsi utama lainnya dari suatu perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu tingkat keuntungan atau return of investment yang sebaik mungkin dari total biaya yang rendah. 
      Kegiatan pemeliharaan peralatan khususnya alat- alat yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan proyek meliputi: 
  1. Pemeriksaan, yaitu pengecekan apakah peralatan proyek yang akan digunakan memiliki value persyaratan yang dibutuhkan. 
  2. Service, yaitu tindakan untuk menjaga keberadaan suatu sistem yang biasanya telah diatur dalam buku petunjuk pemakaian sistem. 
  3. Penggantian komponen, yaitu melakukan penggantian komponen yang tidak berfungsi lagi. Penggantian ini dilakukan secara mendadak atau perencanaan terlebih dahulu. 
  4. Repair and overhaul, yaitu melakukan pemeriksaan secara cermat serta melakukan set up fasilitas peralatan.
logoblog

2 comments:

  1. Makasih postnya ya Sob.
    Sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Sob,..
      Sebenarnya ini masih butuh pelengkap..
      Makasih kunjungannya ya..

      Delete

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...