2/20/2013

Tipe-tipe Perencanaan dan Rencana

      Perencanaan dan rencana dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa cara yang berbeda. Cara pengklasifikasian perencanaan akan menentukan isi rencana dan bagaimana perencanaan itu dilakukan. Meskipun proses dasar perencanaan adalah sama bagi setiap manajer, dalam praktek perencanaan dapat mengambil berbagai bentuk. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, yakni:
  1. Perbedaan tipe organisasi mempunyai perbedaan misi (maksud), dimana pendekatan perencanaan yang digunakan berbeda pula.
  2. Dalam suatu organisasi yang sama dibutuhkan tipe-tipe perencanaan yang berbeda untuk waktu-waktu yang berbeda pula.
  3. Manager-manager yang berlainan akan mempunyai gaya perencanaan yang berbeda. 
      Menurut T. Hani Handoko (2003: 84), ada paling sedikit lima dasar pengklasifikasian rencana-rencana, sebagai berikut: 
  1. Bidang fungsional 
  2. Tingkatan organisasional
  3. Karakteristik-karakteristi (sifat) rencana 
  4. Waktu 
  5. Unsur-unsur rencana 
Tipe Perencanaan dan Rencana
      Bidang fungsional mencakup rencana produksi, pemasaran, keuangan dan personalia. Setiap faktor memerlukan tipe perencanaan yang berbeda. Misalnya rencana produksi meliputi perencanaan kebutuhan bahan, scheduling produksi, jadwal pemeliharaan mesin, dan sebagainya. Sedangkan rencana pemasaran berisi target penjualan, program promosi, dan sebagainya. Kemudian tingkatan organisasi mencakup keseluruhan organisasi atau satuan-satuan kerja organisasi. Teknik-teknik dan isi perencanaan berbeda untuk tingkatan yang berbeda pula.
      Perencanaan organisasi keseluruhan akan lebih kompleks dari pada perencanaan suatu satuan kerja organisasi. Kemudian karakteristik (sifat) rencana, meliputi faktor-faktor kompleksitas, fleksibilitas, keformalan, kerahasiaan, biaya, rasionalitas, kuantitatif dan kualitatif. Misalnya rencana pengembangan produk biasanya bersifat rahasia; rencana produksi lebih bersifat kuantitatif dibanding rencana personalia.
      Ketika berbicara persoalan waktu, maka akan berkaitan dengan rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Semakin lama rentangan waktu antara prediksi dan kejadian nyata, kemungkinan terjadinya kesalahan semakin besar. Berikutnya adalah unsur-unsur rencana, dalam wujud anggaran, program, prosedur, kebijaksanaan, dan sebagainya. Perencanaan meliputi berbagai tingkatan dan setiap tingkatan merupakan merupakan bagian dari tingkatan yang lebih tinggi. Perencana ini berhubungan dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, seperti program pengiklanan, prosedur seleksi personalia, anggaran penelitian dan pengembangan, dan seterusnya.
      Sobat semua, demikianlah yang bisa Kreasi Kita sajikan untuk kesempatan ini.. Semoga dapat bermanfaat dan sebelumnya Kreasi Kita ucapkan terimakasih.. 
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...