2/28/2013

Jasa dan Produk Pariwisata

       Sobat budiman, Kreasi Kita masih bercerita tentang Pariwisata.. Namun, ada beberapa hal yang lebih dikerucutkan dalam tulisan ini adalah Jasa dan Produk Pariwisata itu sendiri. Beberapa point yang tertuang dalam tulisan ini disadur dari pendapat para ahli sehingga tulisan ini dapat semakin bermanfaat. Nah, selamat membaca ya..
Jasa dan Produk Pariwisata
Jasa dan Produk Pariwisata
  • Jasa Kepariwisataan
      Untuk memberi pelayanan yang baik kepada wisatawan tidak harus mengetahui kebutuhan wisatawan, akan tetapi harus juga memahami segala seluk beluk yang berhubungan dengan jasa itu sendiri, apa unsur-unsurnya dan apa syarat-syaratnya. Keberhasilan jasa dapat diukur dengan kepuasan orang yang menerima jasa. Dalam pemberian jasa itu ada aktivitas, baik dari orang yang memberinya maupun dari orang yang menerimanya. Ketepatan besar kecilnya aktivitas yang diminta dari orang yang menerima jasa menentukan kepuasan dan keberhasilan jasa. Ini berarti bahwa semakin kecil aktivitas orang yang menerima jasa akan semakin besar kepuasannya dan semakin berhasil jasa yang diberikan.
      Ketepatan besarnya aktivitas yang dapat diharapkan dari orang yang menerima jasa itu tergantung dari : 
  1. Jenis jasa yang diberikan.
  2. Orientasi keuangan wisatawan.
  3. Kebiasaan atau kebudayaan orang yang menerima jasa (budaya wisata)
      Jasa, dimana aktivitas orang yang menerimanya menentukan pelaksanannya disebut fasilitas. Objek wisata adalah fasilitas, karena jasa yang hanya dapat diterima oleh orang-orang yang berkunjung dan ingin mendapatkan jasa hiburan. Pengertian fasilitas berhubungan dengan unsur-unsur yang terdapat didalam jasa. Dalam setiap jasa ada unsur materialnya, yaitu instrument yang digunakan dalam pemberian jasa, dan unsur aktor, yaitu manusianya yang memberikan jasa dengan menggunakan instrument itu. Aktivitas aktor merupakan unsur formal jasa. Aktorlah yang menentukan bentuk jasa, bukan instrumennya. Aktor (orang yang melayani) harus memiliki keterampilan untuk menggunakan instrument dan instrument harus dapat digunakan untuk memberi jasa.
      Menurut Soekadijo (2000 : 98), mutu pelayanan dari seorang karyawan (pelayan) ditentukan oleh empat materi, yaitu :
  1. Keterampilan
  2. Sopan santun
  3. Pengetahuan Aktor (Pendidikan)
  4. Penampilan Aktor
      Salah satu jasa yang amat penting untuk wisatawan guna menghilangkan rasa terasing dan terpencil serta memberinya teman bergaul dan penasehat terpercaya ialah jasa pramuwisata (guide). Tugas seorang pramuwisata meliputi semua bidang kepariwisataan. Dalam hubungannya dengan objek wisata kepada wisatawan, pramuwisata bertugas memberi perspektif sejarah dan perspektif sosial budaya kepada objek wisata.
  • Produk Pariwisata
      Produk pariwisata adalah produk yang kompleks, terdiri atas tiga komponen, yaitu : angkutan wisata, akomodasi wisata dan atraksi wisata. Ketiga komponen itu diproduksi oleh produsennya masing-masing, yaitu perusahaan angkutan, perusahaan perhotelan dan produsen atraksi wisata yang bermacam-macam. Adapun beberapa produk-produk yang terdapat di daerah tujuan wisata dan tidak didistribusikan ke pasar secara khusus, akan tetapi secara umum, bahwa di daerah tujuan wisata ada produk dan jasa-jasa misalnya, museum, angkutan lokal, kolam renang, hotel dan sebagainya.
      Atraksi wisata sebagai salah satu komponen dari produk pariwisata yang merupakan modal (asset) atraksi wisata seperti : alam, kebudayaan dan manusia. Atraksi wisata yang bermodalkan kebudayaan dapat berupa benda kebudayaan atau artefak (artifact).
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...